Wednesday, October 24, 2012

Manfaat Tidur Siang di Tempat Kerja

tidur siang
Tidur siang ternyata berbanding lurus dengan produktivitas kerja dan sebagai obat ampuh untuk mengatasi stres dan masalah. Banyak tokoh-tokoh dunia melakukannya. Sebut saja, Winston Churchill, John F. Kennedy, Ronald Reagan, Napoleon, Albert Einsten, dan Thomas Edison.

Kalina Christoff dari University of British Columbia, Kanada mengatakan bahwa dengan tidur siang akan mengaktifkan bagian otak yang berfungsi untuk memecahkan masalah.

Dalam studinya, Kalina dan rekannya melakukan scan otak menggunakan fMRI (functional Magnetic Resonance Imaging) scanner untuk mengetahui apa yang terjadi di dalam otak ketika seseorang sedang tidur siang.

Peneliti mencoba menelusuri setiap perubahan yang terjadi dalam otak dan mengetahui bahwa ketika seseorang tidur, ada bagian yang tetap aktif. Dan terbukti ketika partisipan diberi beberapa tugas dan pertanyaan, mereka yang melakukan tidur siang lebih cepat menyelesaikan tugas ketimbang mereka yang tidak tidur siang.

Hingga kini, peneliti menduga bahwa bagian otak yang berfungsi sebagai 'executive network' yang berhubungan dengan pemecahan masalah akan tetap aktif meski dalam keadaan tidur.

Hal itu didasari oleh hasil scan menggunakan fMRI dimana bagian 'executive network' mengalami peningkatan aktivitas paling signifikan, terutama di siang hari. Namun peneliti belum tahu secara pasti mengapa siang hari lebih baik daripada malam hari.

Sebuah studi di Universitas New York menemukan bukti perbaikan daya ingat kepada sukarelawannya ketika mereka tidur siang selama 45 menit setiap hari. Manfaat lainnya adalah menurunkan tekanan darah. Sebuah studi lainnya juga menunjukkan para depresi pada remaja akan berkurang jika mereka tidur siang.

Spanyol merupakan negara yang sangat ketat dengan jadwal tidur siangnya atau sering disebut siesta. Sekolah-sekolah di Cina menerapkan tidur siang kepada para murid setelah mereka makan siang.

Perusahaan raksasa, seperti Google, The Huffington Post, dan The New York Times, telah merelakan salah satu ruang kerjanya untuk tempat tidur siang para karyawan.

Studi yang dimuat dalam Journal Proceedings of the National Academy of Sciences agak berlawanan dengan studi-studi sebelumnya yang mengatakan bahwa banyak tidur justru membuat kemampuan otak menurun.

Tidak ada yang salah untuk tidur siang. Namun, ada cara yang salah ketika bangunnya karena terkadang akan terasa pusing. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya batasi tidur siang antara 20 hingga 90 menit. Jumlah keseluruhan tidur dalam satu hari masih dalam batas wajar, yaitu 6-7 jam sehari untuk orang dewasa.

Menerima pemesanan melia propolis dan melia biyang

Ditulis Oleh : admin propolis Jam : 5:47 PM Kategori: