Wednesday, October 10, 2012

Mengunyah Selama 8 Menit Sebelum Makan Membantu Turunkan Berat Badan

Anda mungkin perlu mengunyah makanan seperti permen karet beberapa menit sebelum makan besar untuk membantu menurunkan berat badan. Penelitian terbaru menyatakan bahwa tindakan mengunyah dapat mengurangi jumlah makanan yang harus Anda makan agar merasa kenyang.

Sebuah tim dari Wageningen University and Switzerland's Nestle Research Center di Belanda melakukan penelitian terhadap 26 orang yang dipasangi tabung pemompa melalui hidung dan tenggorokan untuk mengetahui jumlah makanan dalam perut.

Peserta penelitian kemudian diminta mengunyah makanan selama satu menit atau 8 menit tanpa menelannya. Tiga puluh menit kemudian, setiap peserta diminta untuk makan dan para peneliti mengamati berapa banyak makanan yang dikonsumsi melalui tabung yang telah dipasang tadi.

Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang telah mengunyah makanan hingga 8 menit sebelum makan besar, makan 19 persen lebih sedikit daripada orang yang mengunyah hanya satu menit.

Hal ini terjadi ketika Anda mengunyah makanan dalam waktu yang cukup lama, sensor oral memberikan stimulasi ke otak sehingga otak berpikir bahwa Anda telah makan dan membantu memadamkan kelaparan.

"Maski tubuh belum menyerap satu makronutrien pun dari makanan, mengunyah telah memicu respon fisiologis yang membuat Anda merasa kenyang," kata Alfrun Erkner, PhD. penulis studi tersebut, seperti dilansir prevention.

Tetapi mengunyah makanan terlalu lama dapat menimbulkan rasa yang tidak enak di mulut, sehingga mungkin Anda perlu mengunyah permen karet setengah jam sebelum makan malam untuk mendapatkan manfaat yang sama.

Berikut adalah cara lain yang didukung oleh ilmu pengetahuan agar Anda merasa kenyang tanpa perlu makan dengan porsi yang besar:

1. Memilih sendok yang tepat
Orang yang makan dengan sendok yang lebih kecil mengonsumsi makanan 21 persen lebih sedikit dibandingkan orang yang makan dengan sendok yang lebih besar, menurut sebuah studi dari University of Utah. Hal ini dapat memperlambat makan dan perlahan-lahan meningkatkan rasa kenyang.

2. Menyajikan makanan penutup dalam piring yang lebih kecil
Tim peneliti dari Cornell University menemukan bahwa orang-orang akan makan es krim 31 persen lebih banyak jika disajikan dalam mangkuk yang besar. Orang-orang cenderung menghabiskan makanan penutup tanpa mengetahui dirinya sudah kenyang atau belum.

3. Makan diselingi minum
Minum air diantara suapan makanan dapat memperlambat makan dan meningkatkan rasa kenyang. Setiap kali menyuapkan makanan, kunyah dengan perlahan, letakkan sendok Anda sejenak, dan minumlah untuk menunda waktu. Makan terlalu cepat dapat membuat otak merespon rasa kenyang dan cenderung makan berlebihan. (health.detik)


Obat Herbal Melia Propolis dan Melia Biyang

Menerima pemesanan melia propolis dan melia biyang

Ditulis Oleh : admin propolis Jam : 10:39 PM Kategori: